Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi -  Protein sangat dibutuhkan bagi tubuh kita, guna menunjang keseimbangan asupan gizi bagi tubuh. Protein adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida.

Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus. Kebanyakan protein merupakan enzim atau subunit enzim. Jenis protein lain berperan dalam fungsi struktural atau mekanis, seperti misalnya protein yang membentuk batang dan sendi sitoskeleton.

Protein terlibat dalam sistem kekebalan (imun) sebagai antibodi, sistem kendali dalam bentuk hormon, sebagai komponen penyimpanan (dalam biji) dan juga dalam transportasi hara. Sebagai salah satu sumber gizi, protein berperan sebagai sumber asam amino bagi organisme yang tidak mampu membentuk asam amino tersebut (heterotrof). Protein merupakan salah satu dari biomolekul raksasa, selain polisakarida, lipid, dan polinukleotida, yang merupakan penyusun utama makhluk hidup. Selain itu, protein merupakan salah satu molekul yang paling banyak diteliti dalam biokimia. Protein ditemukan oleh Jöns Jakob Berzelius pada tahun 1838.

Jenis-Jenis Makanan yang Mengandung Banyak Protein

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi
Makanan yang Mengandung Protein Tinggi
Seafood
Seafood adalah makanan yang sangat banyak mengandung protein, pada umumnya makan seafood mengandung low fat, maka dari itu sangat bagus untuk yang sedang manjalani program diet. Anda takut akan kolestrol menjadi tinggi jika makan seafood, namun jika anda bisa mengontrol porsinya maka anda tidak akan terkena kolesterol.

Daging Putih
Untuk daging putih maksudnya adalah daging seperti daging unggas contohnyan daging ayam daging ayam yang tidak memiliki lemak dan mengandung protein yang tinggi adalah bagian dada nya, maka dari itu untuk anda yang ingin mendapatkan protein tinggi anda bisa memakan bagian dada ayam.

Telur
Telur adalah sumber protein terebesar, tentunya bukan secara utuh telur itu memiliki protein yang sama, Kuning telur memiliki kandungan protein yang sedikit dan lebih banyak mengandung lemak, sedangkan putih telut memiliki kandungan protein yang banyak.

Kacang
Kacang-kacangan mengandung lemak nabati yang tidak akan membuat anda menjadi berjerawat, kandungan protein yang terkandung didalamnya sangat bagus untuk otot,

Kedelai
Makanan yang bebahan dasar kedelai seperti tahu dan tempe sangat baik untuk dimakan, karena kedelai memiliki kandungan protein yang besar. Susu kacang juga sangat baik untuk dikonsumsi, karena susu kacang dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi potensi serangan penyakit jantung.
Nah itulah tadi artikel jenis-jenis makanan yang mengandung protein tinggi, Anda bisa menjadikannya acuan dalam menentukan makanan apa saja yang memiliki kandungan protein yang tinggi, guna menyeimbangan kandungan gizi yang di asup kedalam tubuh kita.

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi