Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com)

Cara Membuat Blog - Kali ini saya akan share mengenai cara membuat blog, mungkin banyak teman-teman yang sudah sangat mahir dalam hal membuat blog, penyedia layanan untuk membuat blog gratis sangat banyak di internet, yang paling seri digunakan adalah wordpress dan blogspot, namun kali ini saya hanya akan membahas cara membuat blog menggunakan blogspot saja.
Tanpa banyak basa basi lagi berikut langkah-langkah dalam membuat blog di blogspot:
  1. Yang pertama kali disiapkan adalah sebuat akun email, kita bisa menggunakan email yahoo maupun hotmail, tapi saya sarankan menggunakan Gmail saja.
  2. Yang kedua adalah membuka alamat http://www.blogger.com kemudian klik tombol "memulai" yang saya beri tanda merah seperti gambar di bawah ini.
  3. Cara Membuat Blog
    Cara Membuat Blog
  4. Kemudian anda akan dibawa ke halaman seperti dibawah ini, lengkapi setiap data yang diminta.
    -Pada kolom alamat email : masukan email kamu
    -Ketik ulang alamat email : masukan lagi email yang sama seperti diatas
    -Masukan sebuah password : masukkan kata kunci (minimal 8 karakter, bisa huruf bisa angka)
    Ketikan ulang sandi : masukan lagi password yang telah kamu masukan sama dengan yang di atas
    Nama tampilan : isi nama kamu atau nama alias kamu (ini akan tampil bersamaan dengan posting, artikel yang kamu buat nanti)
    verifikasi : masukkan gambar kata yang terdapat di atas kolom.
    pada gambar di atas sudah saya sertakan contoh pengisiannya.
  5. (jangan lupa centang penerimaan pernyataannya) kemudian klik lanjutkan.
    Cara Membuat Blog
    Cara Membuat Blog

  6. Isilah Judul Blog dan Alamat blog sesuai dengan keinginanmu, jika alamat blog menggunakan 2 kata atau lebih gunakan tanda ( – ). karena blogspot tidak bisa menggunakan spasi. contoh pengisiannya perhatikan gambar di bawah.
    terkadang alamat blog yang kita tulis sudah pakai oleh orang lain, jika sudah dipakai orang lain berati tidak bisa digunakan. Untuk mengetahui sudah dipakai orang lain atau belum Klik saja tombol “cek ketersediaan” jika belum dipakai orang lain, maka di bawahnya akan muncul tulisan warna hijau yang bertuliskan Alamat blog ini tersedia.
    Cara Membuat Blog
    Cara Membuat Blog


    jika sudah selesai menentukan judul dan alamat blog, silahkan klik tombol lanjutkan.
  7. Setelah kamu klik tombol lanjutkan, nanti akan tampil halaman untuk menentukan tema atau template blog kamu, seperti gambar di bawah ini.
    Cara Membuat Blog
    Cara Membuat Blog
    silahkan pilih salah satunya kemudian tekan tombol lanjutkan.
  8. Sekarang blog kamu sudah jadi, hanya saja belum ada artikelnya sama sekali, untuk mengisi artikel untuk yang pertama kali, silahkan klik tombol mulai blogging seperti gambar di bawah ini.
    Cara Membuat Blog
    Cara Membuat Blog

  9. Setelah kamu klik tombol mulai blogging maka akan tampil halaman pengisian artikel, gambar di bawah ini merupakan halaman interface terbaru dari blogspot, kalau anda mendaftar blogger sekarang anda akan ditawari untuk menggani interface anda ke interface baru ini. yang saya tandai lingkaran merah adalah judul artikel, tempat menulis artikel dan setelah artikel siap di terbitkan klik tombol publish.
    Cara Membuat Blog
  10. Setelah kamu menekan tombol publish seperti gambar di atas maka kamu telah berhasil membuat satu buah postingan.
  11. Kalau kamu ingin membuat artikel baru lagi kamu tidak perlu membuat blog baru, kamu hanya perlu buka www.blogger.com kemudian masukkan email , dan paswod kamu , kemudian klik tombol “masuk”, dengan begitu kamu akan dibawa ke menu dashboard blogspot.

Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com)