Kenapa Pesawat Bisa Terbang

Kenapa Pesawat Bisa Terbang - Saya yakin kita semua pasti tau yang namanya pesawat, dan pernah melihat benda yang namanya pesawat. Tapi tahukah kalian mengapa pesawat bisa terbang? sedangkan bobot pesawat itu sangat berat? daripada semakin bingung mari kita simak penjelasan kenapa pesawat bisa terbang di bawah ini :
Kenapa Pesawat Bisa Terbang
Kenapa Pesawat Bisa Terbang

Pesawat bisa terbang karena ada momentum dari dorongan horizontal mesin pesawat, kemudian dorongan mesin tersebut akan menimbulkan perbedaan kecepatan aliran udara di bawah dan di atas sayap pesawat .

Kecepatan udara di atas sayap akan lebih besar dibanding di bawah sayap di karenakan jarak tempuh lapisan udara yang mengalir di atas sayap lebih besar dari pada jarak tempuh di bawah sayap, waktu tempuh lapisan udara yang melalui atas sayap dan di bawah sayap adalah sama . Menurut hukum Bernoully , kecepatan udara besar menimbulkan tekanan udara yang kecil . sehingga tekanan udara di bawah sayap menjadi lebih besar dari sayap pesawat bagian atas. Sehingga akan timbul gaya angkat (Lift) yang menjadikan pesawat itu bisa terbang.
Kenapa Pesawat Bisa Terbang

Ada beberapa bagian penting pesawat yang menentukan apakah pesawat itu bisa terbang dengan sempurna atau tidak, diantaranya sebagai berikut :
  • Badan pesawat ( Fuselage ) terdapat didalamnya ; ruang kemudi (Cockpit) dan ruang penumpang (Passenger).
  • Sayap (Wing), terdapat Aileron berfungsi untuk “Rolling” pesawat miring kiri – kanan dan Flap untuk menambah luas area sayap ( Coefficient Lift ) yang berguna untuk menambah gaya angkat pesawat.
  • Ekor sayap (Horizontal Stabilazer), terdapat Elevator berfungsi untuk “Pitching” nose UP – DOWN.
  • Sirip tegak (Vertical Stabilizer), terdapat Rudder berfungsi untuk “Yawing” belok kiri – kanan.
  • Mesin (Engine), berpungsi sebagai Thrust atau gaya dorong yang menghasilkan kecepatan pesawat.
  • Roda Pesawat ( Landing Gear ),berfungsi untuk mendarat/ landing atau tinggal landas / Take-off.
Nah sekarang sudah tahu kan alasan kenapa pesawat bisa terbang.

Kenapa Pesawat Bisa Terbang