Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami

Menurunkan Tekanan Darah - Tekanan darah tinggi merupakan salah satu ancaman kesehatan yang sering kita jumpai di kehidupan seseorang, Tekanan darh tinggi atau Hipertensi adalah kondisi medis dimana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu yang lama) Penderita yang mempunyai sekurang-kurangnya tiga bacaan tekanan darah yang melebihi 140/90 mmHg saat istirahat diperkirakan mempunyai keadaan darah tinggi. Tekanan darah yang selalu tinggi adalah salah satu faktor risiko untuk stroke, serangan jantung, gagal jantung dan aneurisma arterial, dan merupakan penyebab utama gagal jantung kronis.

Penyebab Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Hipertensi berdasarkan penyebabnya dibagi menjadi 2 jenis :
  1. Hipertensi primer atau esensial adalah hipertensi yang tidak / belum diketahui penyebabnya (terdapat pada kurang lebih 90 % dari seluruh hipertensi). 
  2. Hipertensi sekunder adalah hipertensi yang disebabkan/ sebagai akibat dari adanya penyakit lain.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami

Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami
Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami
Berikut ini adalah beberpa cara yang dilakukan untuk meurunkan tekanan darah secara alami.
Menghindari Stress
Stress adalah salah satu faktor yang menjadi pemicu terjadinya tekanan darah tinggi, oleh sebab itu sangat disarankan untuk mengindari stress.

Menyeimbangkan Garam
Mengurangi konsumsi garam akan membantu mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dan menurunkan tekanan darah anda pada tingkat normal

Seledri
Seledri dan minyak seledri membantu pelebaran otot-otot yang mengatur tekanan darah. Jus seledri yang dikombinasi wortel dan air adalah minuman bergizi yang enak dan bermanfaat.

Bawang putih
Bawang putih yang kita gunakan sebagai bumbu masakan juga bermanfaat menurunkan kolesterol dan trigliserida dan meningkatkan sirkulasi darah. Pil bawang putih dapat menjadi solusi praktis untuk menjaga tekanan darah dan kolesterol Anda. Dalam analisis-meta dari tujuh percobaan terkontrol acak suplemen bawang putih, tiga percobaan menunjukkan penurunan yang signifikan pada tekanan darah sistolik dan empat pada tekanan darah diastolik. Para peneliti menyimpulkan bahwa suplemen bawang putih bubuk berkhasiat klinis pada pasien dengan tekanan darah tinggi ringan.

Jintan Hitam
Jintan hitam (habbatussauda) selama ribuan tahun telah diakui sebagai tanaman berkhasiat luas dengan 100 lebih zat kimia aktif. “Habbatussauda menyembuhkan setiap penyakit kecuali kematian,” sabda Nabi Muhammad. Penelitian pra-klinis telah menunjukkan manfaat jintan hitam dalam penurunan tekanan arteri setelah 15 hari penggunaan. Manfaat tersebut diduga berasal dari sifat antioksidan jintan hitam.

Minyak Ikan
Studi awal menunjukkan bahwa minyak ikan mempunyai efek sederhana pada tekanan darah tinggi. Suplemen minyak ikan mengandung DHA (docohexaenoic acid) yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
Nah demikianlah tadi artikel mengenai Cara Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami dari blog ini, saya harap dapat memberikan manfaat kepada para pembaca setianya.

Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami